Wednesday 14 September 2016

Tutorial Photoshop - Memasukan gambar kedalam teks

Ga kerasa udah malem aja, saatnya untuk saya posting tutorial baru, tutorial kali ini adalah tutorial photoshop yaitu bagaimana cara memasukan gambar kedalam tulisan, dulu sih sewaktu sekolah saya diberi tau kalo memasukan gambar ke dalam teks ini namanya adalah teknik masking, kaya gimana sih hasilnya ? ditutorial kali ini saya membuatnya seperti ini,




Apa aja kira-kira yang dibutuhin, pertama yang pasti sih software adobe photoshop nya, hehe…. Dalam tutorial ini, saya menggunakan adobe cs5 , tapi agan ga kalo punyanya adobe photoshop yang versinya dibawah cs5 jangan di uninstall terus install cs5 ya, karena menurut prof. Rizky Audymas …  ( ciailah… padahal kuliah baru semester 7 aja ) “versi aplikasi tidak menentukan bagus tidaknya hasil karyamu, namun yang menentukannya adalah imajinasi dan kreatifitas mu” hehehe….
Oke langsung aja ke topik utama, yang perlu disiapkan adalah photo objeknya, entah itu mau photo orang, atau hewan peliharaan, ataupun lainnya, dalam tutorial ini saya menggunakan photo mantan saya, souyoung (snsd) hahaha…

Step 1 – Membuat document baru

Pada step ini mungkin hamper 99% orang yang punya photoshop sudah bisa, tapi apa salahnya kita bahas, setelah adobe photoshop kamu sudah terbuka, klik file > new, maka akan keluar panel seperti berikut ini :



Name : nama dari document yang akan kita buat.
Preset : berisikan ukuran-ukuran document yang telah disediakan oleh pihak adobe, seperti ukuran kertas A4 dan lain sebagainya.
Width : lebar dari gambar yang akan kita buat.
Height : tinggi dari gambar yang akan kita buat.
Resulution : untuk kebutuhan digital atau tampilan monitor umumnya digunakan 72dpi ( dot pixel/inch ) , untuk kebutuhan printing atau kebutuhan cetak umumnya digunakan 300dpi.
Color mode : untuk kebutuhan monitor gunakan rgb, namun untuk kebutuhan printing gunakan cmyk.
Background contents : warna dasar dari document baru yang akan kita buat.

Aturlah width dan height gambarnya serta resolusinya, pada tutorial ini saya membuat ukuran document saya persis seperti gambar diatas, selanjutnya tekan oke.

STEP 2 – Memberi warna background.



Jika document baru sudah muncul, selanjutnya kita berikan warna dengan menggunakan paint bucket tool yang gambarnya ember pada tool box, untuk pengaturan warnanya kita double klik pada set foreground color maka akan keluar panel warna seperti berikut :



Kita tinggal pilih warna yang kita suka, saya disini menggunakan warna biru tua, kalo kamu mau menggunakan warna yang sama dengan saya, kamu bisa samakan dengan cara mengisi nilai hexa decimal dari kode warna pada panel warna tersebut, tepatnya isikan pada kolom yang berlabel tanda #, kode hexa decimal yang saya gunakan adalah 0d2a52.

STEP 3 – membuat dan mengatur tulisan.

Langkah selanjutnya adalah kita membuat dan mengatur tulisan, pertama kita buat dulu tulisan atau teks yang nantinya akan kita isikan dengan gambar, gunakan text tool untuk membuat text pada tools box dan ketikan teks yang kamu inginkan.



Saya menggunakan nexa bold untuk font nya. Setelah kita selesai menulis teksnya seperti diatas, selanjutnya disini saya ingin mengatur agar teksnya itu sedikit lebih rapat, kita bisa mengaturnya pada panel character.



Blok semua teks yang kita buat, lalu kita buka panel character pada photoshop kita, kita atur tingkat kerapatannya menjadi minus sekian, disini saya mengaturnya menjadi -100 dan ukuran fontnya 456 pt.



Jika di tampilan interface kamu ga ada panel character, kamu bisa munculin dengan cara klik menu window pada menu bar, lalu pilih character.

STEP 4 – Memasukan photo kedalam teks.

Jika teks sudah kita atur ukuran, warna dan kerapatannya, selanjutnya adalah kita open gambar yang ingin kita masukan kedalam teks dengan cara klik file > open > pilih photo > klik open, atau bisa juga dengan shortcut CTRL+O , pada tutorial ini saya menggunakan photo salah satu personil dari snsd, terleboh dahalu saya sudah sudah meng-crop photo nya atau menghapus background dari photo, kalo kamu belom tau cara cropping photo dengan adobe photoshop kamu bisa baca pada tutorial ini : menghapus background photo dengan adobe photoshop.

Setelah photo sudah muncul pada interface, selanjutnya lakukan drag n drop photo tersebut dari document asli photonya ke document yang kita buat sebelumnya yaitu document memasukan gambar kedalam teks.

Maka tampilannya akan seperti berikut ini :



Langkah berikutnya adalah kita masukan gambar tersebut kedalam teks, caranya arahkan kursor mouse anda ketengah-tengah layer photo dan teks lalu tekan CTRL + ALT pada keyboard anda, maka kursor mouse akan berubah menjadi seperti dua lingkaran yang saling berdempetan selanjutnya klik kiri pada mouse anda, atau bisa juga dengan cara lain yaitu klik kanan pada layer photonya lalu pilih Create Clipping Mask. Maka secara otomatis gambar seakan – akan masuk kedalam teks.




Dan pada panel layer tepatnya pada layer photo akan terlihat sebuah segita yang mengarah pada panel teks, itu artinya bahwa layer photo sudah berhasil kita mask dengan layer teks, seperti berikut ini :



Jika photo sudah berhasil kita masukan kedalam teks, selanjutnya adalah kita atur posisinya dengan menggunakan move tool, atau kamu bisa menenkan huruf V pada keyboard, aturlah posisinya sesuka kalian.




Step 5 – mengatur pewarnaan pada photo.

Jika kamu merasa warna pada photo sudah selaras atau seduah sesuai dengan keinginan kamu, maka abaikan saja step ini dan langsung ke step berikutnya, pada step ini saya hanya akan membuat photo menjadi hitam putih, dengan cara pilih terlebih dahulu layer photonya kemudian  klik image pada menu bar, lalu pilih adjustment setelah itu pilih black and white maka akan keluar panel seperti berikut ini :



Aturlah sensitifitas dari warna – warnanya sesuai keinginan anda, jika sudah klik oke.

Step terakhir – membuat tulisan renggang.

Sebenarnya step ini adalah step pemanis dari gambar saja, kita buat sebuah teks dengan menggunakan text tool, dan ketikan teks yang anda suka, sama seperti sebelumnya kita atur ukuran, warna dan jarak/kerenggangan teks nya pada panel character.



Untuk teks pemanis ini ukurannya saya berikan nilai 50pt dan jarak/atau kerenggangannya adalah180, sekedar tips, untuk teks pemanis ini gunakan font yang berbeda agar hasilnya tidak terlihata kaku, dan hasil dari tutorial ini adalah seperti berkut :



Jangan lupa untuk menyimpan file mentahannya ya supaya kalo ada perubahan kita bisa langsung merubahnya tanpa harus membuat ulang,

Sekian tutorial sederhana ini, maapin ye kalo jelasinnya rada belibet atau susah dipahami, hehe… 

0 comments:

Post a Comment