Monday 12 September 2016

Membuat kalkulator sederhana dengan cpp

Selamat malam, kali ini saya akan sedikit membahas tentang c++, pada tutorial kali ini saya akan membuat suatu operasi perhitungan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Dalam menuliskan script c++, disini saya menggunakan dev c++, karena menurut saya dev c++ cukup sangat memudahkan kita dalam pembuatan coding c++.
Langsung saja buka aplikasi dev c++ atau aplikasi editor yang anda gunakan dan ketikan coding berikut ini :

#include<iostream>
#include<cstdlib>
using namespace std;
int main(){
                int a,b,c;
                char operasi;     
                cout<<"Input Angka Pertama : "; cin>>a;
                cout<<"Input Angka Kedua  : "; cin>>b;
                cout<<endl;
                cout<<"---------------------------------"<<endl;
                cout<<"Pilih operasi [+ / - / x / : ] : "; cin>>operasi;

                if(operasi == '+')
                {
                                c=a+b;
                                cout<<"hasil dari "<<a<<" + "<<b<<" = "<<c<<endl;
                }
                else if(operasi == '-')
                {
                                c=a-b;
                                cout<<"hasil dari "<<a<<" - "<<b<<" = "<<c<<endl;
                }
                else if(operasi == 'x')
                {
                                c=a*b;
                                cout<<"hasil dari "<<a<<" x "<<b<<" = "<<c<<endl;
                }
                                else if(operasi == ':')
                {
                                c=a/b;
                                cout<<"hasil dari "<<a<<" : "<<b<<" = "<<c<<endl;
                }
                else
                {
                                cout<<"operasi tidak dikenali"<<endl;
                }
                cout<<endl;
               
                system("pause");
                return 0;
}

Penjelasan tentang coding :

Saya menggunakan if – else dalam pemilihan operasi matematika, bisa saja saya menggunakan switch case, namun saya rasa dengan if-else masih mampu, untuk mengetahui perbedaan antara if – else dengan wsitch case kamu bisa baca pada artikel berikut ini : perbedaan if else dan switch case pada cpp.

Saya menggunakan tipe data INT untuk menyimpan nilai yang akan dilakukan operasi matematika, variable a digunakan untuk menyimpan nilai pertama, variable b digunakan untuk menyimpan nilai ke dua, dan variable c saya gunakan untuk menyimpan hasil dari operasi matematika antara a dan b.
Char operasi, saya gunakan untuk pemilihan operasi matematika.


bila tidak terdapat kesalahan pada coding, maka hasil yang akan tampila seperti berikut ini 


sekian tutorial sederhana ini, semoga bermanfaat terutama bagi para pemula seperti saya, hehe...

0 comments:

Post a Comment