Sunday 25 September 2016

tutorial photoshop - keluar dari photo

Selamat malam guys, kali ini saya bakal ngasih sedikit tutorial lagi nih, dalam tutorial ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat objek seakan-akan keluar dari photo dengan menggunakan adobe photoshop cs5 , kalo saya sih nyebutnya out of pic yohoho… 
Pada hasil akhirnya nanti objek seakan-akan keluar dari photo, jadi hasilnya nanti bakal terlihat sedikit tridi-tridian gitu guys ceritanya yohoho…
Berikut ini adalah contoh hasil akhirnya guys,




Stok potonya saya ngambil dari gugel, tapi kalo kamu mau pake photo yang sama kaya di tutorial ini, berikut ini adalah bahan photonya.



Step 1 – seleksi object

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan seleksi pada object yang nantinya seakan-akan kita buat dia keluar dari photo, dalam melakukan seleksi kamu pasti sudah bisa kan ? disini saya menggunakan peen tool untuk melakukan proses seleksi objectnya agar rapih, namun di karenakan resolusi photo yang tidak begitu besar jadi hasil cropnya tidak begitu rapih, yohoho… setelah object terseleksi tekan CTRL + J untuk menduplikasi hasil seleksi kita, maka akan muncul layer baru bernama layer 1.

Untuk melihat hasil seleksi kita, kita hidden layer background dengan cara mengklik gambar mata yang ada disebelah kiri layer, maka hasilnya akan terlihat seperti berikut ini.



Step 2 – seleksi Background

Pada langkah ini kita akan menyeleksi layer background yang nantinya akan kita jadikan sebagai background photonya.
Pertama pada panel layer kita unhide terlebih dahulu layer backgroundnya dengan cara mengklik gambar mata yang ada disebelah kiri layer background, lalu gunakan Rectangular Marquee Tool untuk menyeleksi bagian gambar yang akan kita buat menjadi background poto kita nantinya,




jika sudah di seleksi Klik kanan pada area yang terseksi > Pilih Transform Selection , maka akan muncul titik-titik pada setiap sudut area seleksi yang kita buat



Klik Kanan Lagi > Pilih Perspective, jika sudah pada titik ujung kanan atas seleksi kita geser ke arah kiri dan titik kanan bawah tarik kearah kanan lalu tekan enter, maka gambar akan Nampak perspektif seperti gambar dibawah ini



Jika seleksi gambar background sudah dibuat menjadi perspektif, selanjutnya tekan CTRL + J untuk menduplikat atau mengopi area background yang kita seleksi tadi, maka akan muncul sebuah layer baru bernama layer 2.

Setelah layer 2 sudah muncul, layer background atau gambar aslinya kita hidden dengan cara menghilangkan tanda mata pada layer background/gambar asli seperti gambar dibawah ini.



Step 3 – pemberian efek

Pada panel layer kita pilih kembali layer 2, lalu kita klik lambang fx yang ada pada bagian bawah panel layer seperti gambar di bawah ini setelah itu pilih stroke pada daftar style yang ada disitu



Maka akan muncul sebuah panel layer style . pada style stroke ini rubah semua nilainya menjadi :
Size : 13
Position : inside
Color : putih
Atau bisa juga dirubah semau kamu kok. Jika sudah tekan oke



Step 4 – memberikan warna background.

Buatlah sebuah layer baru lalu pada panel layer, tempatkan layer baru tersebut di atas background yang kita hidden,  gunakan paint bucket tool untuk memberikan warna background, lalu klik pada workspace kita. Maka akan muncul sebuah background warna yang sudah kita tentukan warnanya.






Step 5 – membuat efek bayangan.

Langkah terakhir adalah membuat efek bayangan pada gambar kita, pertama pilih kedua, layer object ( layer 1 ) dan layer background photo (layer 2) dengan cara klik layer 1 kemudian tekan dan tahan CTRL pada keyboard lalu klik lagi layer 2. Maka layer 1 & 2 terpilih secara bersamaan, kemudian klik kanan pada salah satu layer tersebut lalu pilih duplicate layer maka akan muncul panel seperti berikut ini.



Klik oke, maka pada panel layer akan ada layer tambahan bernama layer 1 copy dan layer 2 copy. Langsung saja tekan CTRL + E untuk menggabungkan kedua layer tersebut menjadi satu, maka pada panel layer kedua layer tersebut akan bergabung menjadi satu layer.




Selanjutnya masih pada layer yang kita gabungkan tadi, klik layer style (fx) pada bagian bawah panel layer, kemudia pilih color overlay maka akan muncul panel layer style pada bagian color overlay, lalu rubah warnanya menjadi hitam seperti gambar berikut ini



Jika sudah, drag layer bayangan ini hingga berada pada posisi ketiga dari bawah



Masih pada layer yang sama, yaitu pada layer bayangan ini geser dengan menggunakan move tool kesamping kiri atau kesamping gambar, kalo saya menggesernya kea arah samping kanan saya.




 Jika posisi nya sudah dirubah dan sudah cocok, selanjutnya klik filer pada menu bar > lalu pilih blur > Gaussian blur > maka akan muncul panel dari Gaussian blur, isikan sesuai kebutuhan dan kesukaan kamu guys, > klik oke. Jika sudah, masih pada layer bayangan kita kurangi nilai opacitynya menjadi 50%. Dan selesai.






Semoga tutorial singkat yang terasa panjang ini bisa bermanfaat buat kamu yang bacanya ya guys, mohon maaf bila ada kesalahan dalam tutor ini, salam  semangat, sampai jumpa di tutorial berikutnya yohohoho….

0 comments:

Post a Comment